Standar Kompetensi

| 10-11-2014   12:12:44 WIB

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Program Studi Akuntansi Universitas Ubudiyah Indonesia dirumuskan merujuk kepada Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),yang bermaksud membuat sebuah kerangka pengakuan kompetensi dengan cara menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.  Khusus untuk kompetensi pendidikan tinggi diatur lebih detil dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), dimana salah satu pasalnya menyebutkan bahwa visi dan misi lembaga juga menjadi rujukan kompetensi lulusan.

Kompetensi lulusan Program Studi Akuntansi terbagi menjadi 3 jenis, sesuai dengan keutamaannya yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya, sebagai berikut:

A.     Kompetensi Utama:

  1. Mampu memahami dan mengimplementasikan praktek-praktek akuntansi baik secara manual maupun komputerisasi dan menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
  2. Mampu memahami dan mengimplementasikan prosedur pemeriksaan dan penilaian atas kewajaran laporan keuangan.
  3. Mampu mendesain sistem informasi akuntansi.
  4. Mampu memahami dan menjelaskan proses perhitungan pajak dan pemahaman atas ketentuan dan tata cara perpajakan dalam penyusunan laporan keuangan.
  5. Mampu memahami dan menjelaskan ilmu akuntansi syariah serta implementasinya.

B.     Kompetensi Pendukung:

  1. Mampu memahmi dan menerapkan etika dan hukum dalam menjalankan praktek akuntansi.
  2. Mampu memahami dan menjelaskan teori teori ekonomi , konsep-konsep dasar bisnis dan manajerial suatu oraganisasi dan bisnis.
  3. Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip dasar manajemen keuangan serta pengambilan keputusan-keputusan manajerial terhadap masalah keuangan di organisasi dan bisnis.
  4. Mampu memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip dasar kewirausahaan dan berani untuk mengimplementasikannya.
  5. Mampu memahami dan menjelaskan praktek-praktek manajemen investasi dan pasar modal.

C.     Kompetensi Lainnya

  1. Mampu menjunjung tinggi dan mengimplementasikan nilai moral dan etika yang sesuai dengan norma agama dan budaya masyarakat.
  2. Memiliki kesadaran dan tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan untuk membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai lokal dan nasional serta norma agama.
  3. Memiliki kepekaan terhadap isu-isu manajemen dan bisnis serta memiliki daya juang dan  nilai kebersamaan dalam memajukan kesejahteraan asyarakat luas dnegan tetap mengacu pada nilai budaya masyarakat dan norma agama.