Ketua BAN-PT Kunjungi Universitas Ubudiyah Indonesia

| 03-08-2015   09:15:31 WIB | dilihat 270 kali

Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Prof Dr Mansyur Ramly MBA MSi memberikan pujian atas kesiapan Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) dalam mengintegrasikan kegiatan pembelajaran, riset dan pengabdian masyarakat ke dalam sistem informasi. Hal itu dikemukakan Prof Mansyur menanggapi presentasi yang disampaikan Ketua Yaysan Ubudiyah Indonesia Dedi Zefrizal ST dan Rektor UUI Marniati SE MKes mengenai perkembangan UUI di kampus UUI, Tibang, Rabu (29/7).

“Saya sudah lihat sistem informasi di UUI sudah cukup bagus. Perguruan Tinggi Swasta perlu belajar ke UUI untuk mengembangkan sistem informasi. Kita harapkan UUI bisa membantu perguruan tinggi swasta lainnya dalam pengemangan sistem informasi”kata Prof Mansyur yang juga mantan Kepala Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dikatakannya, keberadaan internet dan sistem informasi saat ini memberikan kemudahan di berbagai sector termasuk dunia pendidikan.

Prof Mansyur juga menyatakan dengan penguasaan sistem informasi dan kerjasama internasional yang dimiliki saat ini, dia optimis UUI dapat mewujudkan visinya menjadi World Class Cyber University. “Perguruan Tinggi sekarang ini memang arahnya ke World Class semua. Tidak cukup hanya berkelas Aceh atau nasional saja. Jadi visinya ini juga akan sejalan dengan penguatan teknologi informasi di Ubudiyah,”ujarnya di damping Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh Prof Dr Jamaludin Idris M.Ed.

Prof. Mansyur juga berkesempatan mengujungi Perpustakaan Budiyah Binti Abdul Wahab yang juga berada di kawasan Universitas UBudiyah Indonesia, Tibang Banda Aceh. Beliau mengapresiasi tentang banyaknya koleksi e-book yang dimiliki Perpustakaan UUI yaitu berjumlah 3 juta lebih koleksi dengan berbagai bidang ilmu, Rektor UUI menjelaskan jumlah koleksi tersebut didapat berkat kerjasama UUI dengan UniMAP. Selain itu juga, koleksi e-journal yang jumlahnya ribuan dll. Prof. Mansyur mengatakan fasilitas Perpustakaan UUI harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para mahasiswa dan para dosen di lingkungan UUI

Beri Kuliah Umum

Ketua Umum Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof Dr Mansyur Ramly MBA MSi memberikan kuliah umum di Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI). Dalam paparannya Prof Mansyur menyampaikan secara umum baik dosen maupun mahasiswa di Indonesia diakusi kehebatannya. Hanya saya yang masih belum dimiliki adalah mentalitas dan budaya akademik yang memiliki daya saing tinggi di tingkat internasional

“Kita punya banyak produk dan jasa yang bisa dihasilkan. Namun nilai dan harganya mungkin akan jauh lebih besar jika dikemas dan disajikan secara kreatif,”ujarnya seraya mencontohkan produk minuman dalam kemasan yang memiliki nilai jual tinggi dibandingkan air minum biasa. Dengan memiliki nilai-nilai tersebut, kata Prof Mansyur, dosen, mahasiswa dan perguruan tinggi di Indonesia akan mampu bersaing di tingkat internasional.

Untuk itu dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dimulai pada awal 2016 nanti Prof Mansyur mengingatkan adalah lima nilai penting yang harus dimiliki civitas akademika di perguruan tinggi. Pertama, harus memiliki kreativitas yang inovatif,kemudian berintegritas,mampu membangun networking, kerja keras dan cerdas, serta dibarengi dengan keikhlasan. 

Pasalnya, hingga saat ini banyak para pekerja yang memiliki skill dan telenta dari negara-negara ASEAN sedang bersiap-siap untuk masuk ke Indonesia. Tenaga skill dari Vietnam, Thailand dan Malaysia adalah diantara yang paling agresif. Untuk dia mengajak semua elemen dosen dan mahasiswa UUI untuk meningkatkan daya saing dengan menerapkan kelima nilai tersebut.

Selain memberikan kuliah umum, selama berkunjung ke UUI Prof  Mansyur  juga sempat menghadiri acara Malam Budaya dan Penganugerahan Award bagi dosen, staf dan mahasiswa UUI.

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur'an) dan sunnah Rasulullah Saw. (HR. Muslim) "